Jumat, 29 Februari 2008

Sejarah Berdirinya Sekolah

SEJARAH BERDIRINYA SMP NEGERI 2 MALANG

Seiring dengan penataan kembali SMP di kota Malang dan perkembangan jumlah lulusan SD, maka Pemerintah Kota Malang berusaha terus menambah SMP Negeri baru sejak tahun pelajaran 2005/2006 telah berdiri SMP Negeri sebanyak 24 buah.

Sekolah yang dulunya merupakan sebuah tangsi (markas) Belanda dan Jepang, setelah kemerdekaan tempat ini digunakan untuk sekolah SMP yang dikelola oleh sebuah yayasan PGI (Persatuan Guru Indonesia) sehingga diberi nama SMP PGI. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 3957 B, tanggal 3 Juni 1950 dan untuk menyempurnakan penyelenggaraan pelajaran maka pengelolanya diambil alih oleh Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan yang selanjutnya diberi nama SMP Negeri II Malang, Pada saat pertama kali SMP ini diresmikan dipimpin oleh Pjs Mochammad Soekarto yang sekaligus merupakan Kepala Sekolah pertama.

Dilihat dari jumlah gedung pada saat SMP berdiri ada 16 ruang belajar dan dengan berjalannya waktu SMP Negeri 2 Malang sudah memiliki 27 ruang kelas belajar dan 15 ruang pendukung Kegiatan belajar Mengajar.

Dengan sarana prasarana yang telah mencukupi maka SMP Negeri 2 Malang sejak tahun pelajaran 2004/2005 masuk pagi seluruhnya.
SMP NEGERI 2 MALANG termasuk SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) dng. No. 960/C3/Kp/2005 Ttg. Penetapan Sekolah Menengah Pertama Standar Nasional th. Anggaran 2005

4 komentar:

Ali Abdulkhamid mengatakan...

Sebagai seorang pendidik, pagi ini saya sempatkan untuk mencari-cari berita terbaru di sekitar dunia pendidikan, hingga perhatianq ttuju pada satu artikel pendidikan di kompas yang melansir pemberitaan tentang keberadaan SMP N 2 Malang sebagai satu dari tiga smp di negeri ini yang melaksanakan program SMP Terbuka.
Menarik, karena di tengah kehidupan yang serba berat seperti sekarang ini, paling tidak hal ini harus kita akui sebgai satu upaya pemerintah untuk menganekaragamkan fasilitas pendidikan bagi anak negeri, bravo maju terus pendidikan Indonesia, maju terus SMP Terbuka, Maju terus SMP N 2 Malang (tapi blognya sering di Up Date ya....:-))
Salam kenal dari :
http://tukang-hitung.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Saya alumnus SMP 2 Malang th. 1972.
Apakah pernah ada reuni?

GLODAK mengatakan...

khabar berita smp gimana smpai sekarang

GLODAK mengatakan...

apa khabar SMPN2 Malang